Drama “Kehidupan di pasar Tradisioal”

Setting: Terlihatlah suasana pasar pada saat itu….
Iyem dan Ros sedang membereskan semua barang-barang daganganya yang hendak mereka jual begitupun dengan Togar…

P.Minyak :Bah,, gimana pulag la … pasar sepi gini…
P.Cabe :iy nee…
P.Minyak :Waa ttu ada Iyem, Pagi dek iyem,(sambil mempersiapkan dagangan nya)
P.Sayur :Pagi juga bang Togar……….
P.Minyak :Waduh, pagi ini abang lihat dek Iyem makin cantik aja!!!!!
P.Sayur :Masa sih…..jadi malu,Iyem juga ngerasa bang Togar semakin??
P.Minyak :ahaiii…..inang ga’ percuma togar jadi juragan minyak,tapi makin apa
Dek?????
P.Sayur :semakin energik,n ganteng !!!!
P.Minyak :Tulang emang mujarab ilmu yang kau kasih…hahai
P.Cabe :hmmm,masih pagi udah pacaran…(berjalan sambil membawa barang dag
Angan dengan anak nya)
P.Sayur :Eh….mbak Ros, piye toh mbak,orang Cuma bercanda!!!!!
P.Minyak :alah mbak Ros,kamu cemburu kan????
P.Cabe :cemburu apanya, orang sudah punya suami koq….togar minggir sana, aku
Mau dagang ni ha.Pik bantuin mak dulu,susun barang tu dengan rapi!!
Pengemis :ya,mak (sambil menyusun barang dagangan emaknya)
P.Cabe :bisa cepat ga’!!!!!!anak ni …
Pengemis :sabar mak, sabar… mak mintak duit dun mak???
P.Cabe :duit, kerja sana lampu merah di simpang tu masih kosong ha….
Pengemis :uhuh (sambil berjalan)
P.Cabe :bagus, nanti balik nya kalau udah dapat duit.
P.Minyak :ckck…Ibu macam apaan itu!!!
P.Sayur (menatap Upik) duu kasihan…
P.Minyak :bersiul (sambil menggoda si iyem),dek iyem……
P.Sayur :ada apa toh mas????
P.Minyak :dek,mau ga’ jadi istri abang???(sambil berjalan di depan mbak sari)
P.Sayur :eh…bang togar ni ngawur aja deh,mas kan dah punya istri.
P.Minyak :itu bisa diatur……yang penting dek iyem mau???
P.Sayur :tersenyum (sambil mengiyakan)
P.Minyak :ahai…uhu…inang togar anak mu ini dapat istri baru….
P.Cabe :bisa tenang ga’ Qm kira ini rumah inang mu!!!!
P.Minyak :kenapa kau nenek tua?terserah akulah kan tempat ini udah aku sewa.ku
Buang nanti barang kau itu,belum tau kau siapa togar ya.
P.Sayur :sabar toh mas, mbak Ros punya maksud baik….

Suasana hening seketika, tak lama kemudian datang seorang pembeli dengan dandanan yang Wah!!!

P.cabe : waa, ada pembeli ttu… Cabe… cabe…
P. Sayur : Sayur, sayur… Sayur Segar…
P. Minyak : Minyak… Minyak ….
Para pedagang sibuk mempromosikan barang dagangannya..

Tante :(mengangkat celana)duuh…..becek,nggak ada ojek,jijay bajay deh!
Hmm…kalo aja PA ga’ tutup,nggak bakalan deh kesini
P.Sayur :sayurnya mbak….ini asli lo dari kampung saya,masih segar….
Rugi lo kalau ga’ beli.
Tante :What?!mbak?you kira I ni mbak you? Ada sertifikat gak???(marah)
P.Sayur :waduh!!! Piye toh mbak?
Iki sayur bukan harus tanah yang pake srtifikat nya mbak……wong edan!
Tante : (Pergi)
P.Sayur :Eeee, mbak.. mbak… jgn pergi dulu mbak… murah kug mbak … mbak…
Mbaaaaaakkk… (Hoalah malah pergi,,, gmna atuh)..
P.Cabe :Cabe…cabe….cabenya pedas abis,maknyus…
Tante :g’ ah,I lagi ga’ nafsu sama yang hot-hot (balik)
P.Cabe :eh…Uni,tunggu…..jangan buru-buru pergi Uni,,,lihat-lihat dulu
Tante :apa yang harus I Lihat (balik)
P.Cabe :lihat-lihat ja dulu ni, merahnya kayak bibir Uni…..
Tante :ah….you bisa aja,I jadi malu deh .oh ya,sekilo brapa??(mengeluarkan
Dompet)
P.Cabe :70 ribu!!!!
Tante :what!!waw,mahal banget!!!
P.Cabe :maklum sajjalah Uni pasca gempa… tapi, masih bisa di tawar Kuq uni…
Tante :ga’ jadi ah……(berjalan menuju penjual sayur)

Sementara itu datanglah sepasang suami istri

Mami :Papi…..(manja) papi mau apa hari ini???
Papi :terserah mami aja,papi sih oke-oke aja
Mami :uhh….(mencubit papi)mami makin cinta deh sama papi
Papi :Iya dong mi….cinta papi buat mami seorang
Tante :ih…lebay deh
P.Sayur :Muup mbak… Sayur lebay gg ada di sini yang ada ttu sayur lobak,
bayam…
Tante : (iii,, syp jg yg mntag sayur lebay)…
P.Minyak :Bah!!buat iri saja kalian ini,macam nonton telenovela aku!!
Iya kan yem???
P.Sayur :iya bang togar…..
Mami :Papi….!!!!masa kita di ledekin!!! Uhh sebel…
Papi :ga’ mi mungkin abang tu Cuma bercanda
P.Minyak :minyak….minyak……..saya ini juragan minyak dari medan,gak bakal
Rugi beli minyak sama aku,si togar hahaha….
Mami :sorry yaa……….kita masih pakai gas,minyak??ga’ level.
P.Minyak :(marah) macam mana kau ini,kalau tak beli ya sudah!!! jangan bikin aku
Marah
P.Sayur :yang sabar toh mas!!!!
p.minyak :sejak kapan si togar punya sifat sabar
Tante :Mmmmmm……….minyak wangi ada???
P.Minyak :Bah,ini pula lagi!!!Mana ada saya jual minyak wangi??ada-ada saja kau
Ini.apa ga’ bisa baca kau,sudah jelas aku ini jual minyak tanah,minyak
Minyak goreng,kau ini cantik-cantik idiot….
Tante :maaf bang, maaf
Mami :papiii(manja) kayak nya semur jengkol aja kali yaa????
Tante :ihhhh……….gak level……..mending rebus petai….
Papi :boleh juga tuh
Mami :Papi!!!! Jadi papi lebih dengarin tante girang itu dari pada aku!!!!!!
Papi :mami sayang,saran dia tu bagus….petai tu lebih bervitamin dari pada
Jengkol…
Tante :whatS!!! Terlalu deh,I kan Cuma nyaranin,ya udah deh mendingan I pergi
Deh dari you berdua (tiba tiba tante tersebut tersungkur)
Papi :(menolong tante) kamu gak apa-apa???
P.Minyak :alah mak……..
Tante :gak,thank you….(sambil tersenyum)
Mami :papi!!!! (jewer telinga papi)
Papi :(kesakitan) aduh mi,aduuuh…..
Mami :papi kejam!!!papi udah selingkuh di depan mami
Pedagang :(manas-manasin)
Papi :Gak gitu mi….papi Cuma niat baik,gak yang lain!!!!!!
P.Cabe :udah…kalian ni ribut ja,sis jadi beli gak???
Tante :gak…uhhh
Mami :(sedih) mami gak nyangka pi,udah sekian tahun kita hidup bersama,
Melewati hidup,panas,hujan,kemarau,badai lagi,tapi semua nya udah
Berakhir Cuma gara-gara tante girang ini!!!!!!!!!
Tante :what,tante girang (sambil ngomong sama penjual cabe)
Papi :Mi…….”B”Mami…………”B”
Mami :bentar deh pi?”B” itu apa ya???
Papi :Biasa aja!!!!
Mami :jadi papi anggap perkawinan kita biasa aja???Papi tega !!terima serangan
Dari mami!!!! (melempar sayur)
P.Sayur :Hey… eee.. mbak… mbak…
adduh…gimana toh mbak,beli aja ga’ malah dilempar-lempar dagangan
Saya!!! Rugi saya mbak,rugi…………Pokoknya Saya gg muw tau mbak..
Mbak kudu ganti rugi semuanya… (hoalah ,,, saya gg didengerin)
P.Cabe :Sabar yem,, sabar…
Papi :mami…ampun mi,,,
Mami :papi jahat,papi kejam……..(ngambek)

Ditengah kekacauan pasar tersebut, datang seorang pengemis..
Pengemis :(menengadah tangan)sedekah pak,sedekah buk….minta duit sis,minta
Duit mam……saya belum makan selama seminggu!!!!tapi aku mau duit
Duit nya ga’ recehan,soalnya ga’ level.
P.Sayur :aduh ni anak,piye toh???siapa orang tua yang tega anaknya jadi pengemis
Gitu……….punya anak ga’ di urus (nyindir)!!!!
P.Cabe :yah,bikin malu ni anak. Saya kun gg nyuruh dy ngemis di sini..
P.Minyak :hei….kau punya anak uruslah!!!!!
Pengemis :mintak duit nte!!!!!
Tante :stay!!! Away from me! I am not your tante!!!!
Pengemis :cepat lah tante….jadi orang tu ga’ boleh pelit,tangan di atas lebih baik
Dari pada tangan di bawah…….mintak duit pak!!!!
Papi :Maaf dek,duit saya ga’ ada yang kecil
Pengemis :yang besar juga gak apa-apa koq pak!!!
Mami :idiiih……pengemis koq nawar,papi yang gede pasti buat mami kan????
Oh iya,papi blum jadi lo beliin kalung berlian buat mami!!!!!!!!!!!
Papi :iya mami sayang……ini memang buat mami (menyerahkan uannya ke
Mami).
Mami :papi baik deh,mami baikan lagi deh sama papi ku sayang
Papi :lama lagiii pak,tangan aku udah pegal, capek haaaaa!!!!!!!!!!!!

Mami :ya udah,nih……..
Pengemis :ha…..gopek’pelit banget sih jadi orang…..(sambil ketakutan melihat
Emaknya yang marah)
P.Cabe :kaya si kaya tapi yang keluar Cuma gope’,eh
Mami :(jutek kepenjual cabe)ya udah,kita pulang aja pi!!!!mami bete’ kalau lama
Lama di pasar jorok ini
Papi :yuk,mi….tapi petai nya???
Mami :papi (melotot)
Papi :maaf mi,papi lupa…hehe…
Hati-hati terpeleset mi
Pengemis :pak,buk,koq pulang sih….terus aq Cuma di kasih segini
P.Sayur :aduuh….koq langsung pulang sih,terus yang ganti rugi siapa???
P.minyak :dek iyem,bang togar yang tanggung jawab!!!!!!!!asalkan adik mau jadi
Istri abang
P.Sayur :oh iya….kan ada bang togar
Jadi gimana tan,jadi beli gak???
Tante :hmmm gak deh,pulang aja!!!orang disini bar-bar semua,gak lagi-lagi deh
Shoping kesini….(pergi)
Pengemis :tante,jatah buat aku mana tante????
P.Cabe :ushh…kamu ini bikin malu aja,kan uddah emak bilang jangan balik kalau
Belum bawa duit….
Pengemis :maaf mak, upik dah capek berdiri terus di lampu merah….tapi yang ada Gopek mulu yang dikasih….
P.Cabe :uddah,tukar pakaian sana, beresin barang emak…kita ga’ usah ja dagang
Hari ini lagi
P.Sayur :piye toh mbak,jadi orang tu harus sabar menunggu pelanggan…..
Hari masih siang gini,dah cabut aja…..kapan Negara ini toh punya
Warga Negara yang sabar-sabar….
P.cabe :jangan banyak gaya yem…
P.Minyak :dek iyem abang akan selalu sabar nemanin adek disini……..
P.sayur :bang togar,kayaknya mendingan kita ikut mereka aja deh bang!!!!!!
Dagangan iyem banyak yang hancur
P.Minyak :iyem,abang selalu setuju dengan pendapat kamu sayang….

Mereka berduapun pergi meninggalkan pasar tradisional itu,yang tak terawatt….

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

2 komentar:

Gadis Malang mengatakan...

Promosi mbak...?

vacIinva mengatakan...

Promosi naon ??

Poskan Komentar

it's me

vava and friends

vava and friends

vava and friends